Memperpanjang Masa Produktif Anggur dengan Teknik Akar Ganda

0

Unsurtani.com – Ada berbagai macam jenis anggur, salah satunya yakni Anggur Prabu atau nama aslinya Red Prince, diintroduksi dari Australia pada tahun 1986. Anggur ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain: warna kulit buah merah, tandannya panjang dan butir buah besar serta mempunyai cita rasa yang manis (kualitas sama dengan anggur impor).

Sayang, setelah berkembang masih ditemui beberapa hambatan antara lain masa produktif yang relatif pendek dibanding varietas-varietas yang sudah ada sebelumnya. Tahun kedua hingga tahun keempat produksinya cukup tinggi bisa mencapai 30-40 kg/ph/th. Namun, setelah itu produksinya cenderung mengalami penurunan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini ada yang namanya Teknik Akar Ganda. Prinsip akar ganda adalah menambah jumlah sistem perakaran tanaman dari satu sistem menjadi dua sistem perakaran. Atau dapat diistilahkan meningkatkan jumlah akar tanaman menjadi dua kali lipat. Penambahan jumlah sistem perakaran (akar ganda) pada tanaman anggur dapat dilakukan pada saat bibit baru ditanam, maupun ketika tanaman anggur sudah berproduksi.

Penyebab Menurunnya Produksi

Tanaman anggur untuk buah segar atau disebut buah anggur meja, sebagian besar berasal dari spesies Vitis vinifera (anggur Prabu Bestari masuk spesies ini). Beberapa varietas dari spesies ini mempunyai perakaran yang kurang tahan terhadap cekaman lingkungan baik biotis maupun non biotis, sehingga tanaman tidak dapat mempertahankan pertumbuhan secara optimal dalam jangka yang lebih lama. Oleh sebab itu produktifitas tanaman tersebut juga akan mengalami penurunan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anggur spesies Vitis vinifera perlu ditopang dengan sistem perakaran anggur dari spesies lain yang mempunyai perakaran yang lebih tahan terhadap cekaman lingkungan, yaitu spesies Vitis labrusca. Beberapa varietas anggur dari spesies Vitis labrusca yang mudah didapat antara lain: Isabella dan Delaware. Kedua varietas ini telah dikoleksi di Kebun Percobaan Anggur Banjarsari, Probolinggo.

Saat Tanam Bibit

Membuat akar ganda pada saat menanam bibit anggur lebih mudah dilakukan dari pada ketika tanaman sudah dewasa. Kelebihan sistem ini adalah pertumbuhan batang dari kedua spesies yang digabungkan dapat berkembang secara serasi.  Prosedur teknik ini adalah sebagai berikut:

Pada saat bibit tanaman anggur, yang biasanya ditanam 1 batang per lubang maka dengan teknik ini bibit harus ditanam 2 batang per lubang. Satu batang adalah varietas  Prabu Bestari (spesies Vitis vinifera) dan satu batang lagi varietas Isabella atau Delaware (Vitis labrusca). Kedua bibit ini ditanam berdempetan dalam satu lubang.

Setelah tanaman berumur 2 – 2,5 bulan, batang dari kedua varietas tersebut dilukai dengan cara menyayat sampai ke bagian kayu dengan panjang, sayatan masing-masing 4-5 cm, pada ketinggian 25-30 dm dari tanah, dengan posisi sayatan saling berhadapan. Selanjutnya kedua luka sayatan disatukan kemudian diikat dengan tali plastik atau tali rafia dengan arah ikatan dari bawah ke atas hingga seluruh luka sayatan tertutup.

Apabila luka sayatan sudah menyatu (biasanya 2 bulan sejak batang disatukan), tali ikatan dibuka agar pertautan kedua batang dapat berkembang sempurna. Satu bulan kemudian batang pokok dari varietas Isabella atau Delaware dipotong dan disisakan 10-15 cm di atas bidang pertautan.

Tunas-tunas yang tumbuh setelah pemotongan ini harus selalu dibuang. Setelah bekas sambungan sudah tidak tampak lagi (yang berarti kedua batang telah menyatu), maka sisa batang Isabella/Delaware dipotong sampai habis. Dengan teknik ini, kini anggur Prabu
Bestari telah mempunyai akar ganda dan akan mempunyai masa berproduksi lebih lama.

Untuk Tanaman Berproduksi

Walaupun tanaman anggur sudah tumbuh dewasa, teknik pembuatan akar ganda masih bisa dilakukan. Prosedurnya sama dengan yang dilakukan pada tanaman asal bibit, hanya disini terdapat perbedaan di mana ketika bibit varietas Isabella ditanam, saat itu batang dari varietas Prabu Bestari sudah berukuran besar.

Simak juga : Inilah Resep Memaniskan Anggur Versi Kebun Edi Yana

Sudah barang tentu dalam pertumbuhan selanjutnya selalu ada perbedaan tentang ukuran besar batang dari varietas Prabu Bestari dengan batang varietas Isabella atau Delaware. Walaupun demikian, sistem perakaran varietas Isabella atau Delaware akan tetap berperan seperti pada penanaman asal bibit.

REVIEW OVERVIEW
Anggur Prabu
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini