Mengatasi Ulat dan Hama Penghisap Tanaman Secara Alami (Pestisida Nabati Daun Pepaya)

0

Unsurtani.com – Pertanian organik yang semakin menjadi trend dalam kehidupan masyarakat hal ini merupakan peluang usaha yang perlu ditangkap oleh pelaku bisnis usaha kecil. Dunia pertanian yang didominasi oleh usaha kecil dan menengah perlu melakukan inovasi dalam pengembangan dunia pertanian dan bisnis pertanian.

Saat ini, konsumsi hasil pertanian organik baru dikonsumsi oleh kelompok terbatas dengan harga yang relatif lebih tinggi. Dengan modal usaha yang kecil petani dan kelompok usaha kecil bisa memanfaatkan bahan alam sebagai bahan pestisida dan obat-obatan tanaman.

Pengolahan bahan alami untuk obat-obatan pertanian cukup mudah hanya memerlukan ketelatenan, selain itu biayanya pun sangat murah. Salah satu bahan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pestisida alami adalah Daun Pepaya yang banyak ditemukan di sekitar kita.

Daun pepaya (Carica papaya) mengandung berbagai macam zat, antara lain: vitamin A (18250 SI), vitamin B1 (0,15 mg), vitamin C (140 mg), kalori (79 kal), protein (8,0 gram), lemak (2 gram), hidrat Arang (11,9 gram), kalsium (353 mg), fosfor (63 mg), besi (0,8 mg), air (75,4 gram), papayotin, kautsyuk, karpain, karposit.

Daun pepaya memiliki kandungan bahan aktif Papain yang cukup efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap tanaman. Kandungan Carposide pada daun pepaya juga berkhasiat sebagai obat cacing.

Cara Pembuatan Pestisida Alami dari Daun Pepaya (Carica papaya) adalah sebagai berikut :

  1. Kumpulkan kurang lebih 1 kg daun pepaya, lalu ditumbuk hingga halus
  2. Hasil tumbuKan/rajangan direndam didalam 10 liter air, kemudian ditambahkan 30 gr detergen dan 2 sendok makan minyak tanah. Hasil campuran, didiamkan semalam.
  3. Menyaring larutan hasil perendaman dengan kain halus, dan menyemprotkan larutan hasil saringan ke tanaman.

Simak artikel terkait daun pepaya lainnya, berikut ini:

Sumber: Serambi Pertanian (BPTP Aceh, 2013)

Loading...