Cara Membuat Ragi Tempe (Mudah Sekali, 100% Berhasil)

2

Unsurtani.comRagi tempe merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan tempe. Oleh karena itu sering pula disebut sebagai starter tempe. Ragi tempe mengandung jamur Rhizopus sp. yang biasa dijuluki jamur tempe.

Secara tradisional, jamur untuk starter pembuatan tempe biasanya diambil dari daun pisang bekas pembungkus tempe pada waktu pembuatan, atau daun aru atau jati yang dikenal dengan sebutan “usar“.

Namun demikian, penggunaan daun pisang atau usar ini sangat terbatas dan hanya untuk produksi kecil-kecilan. Untuk produksi yang lebih besar, starter tempe dibuat dengan memperbanyak jamur tempe (Rhizopus sp.) pada media tertentu.

Selanjutnya, spora yang dihasilkannya diawetkan dalam keadaam kering bersama medium tempat tumbuh jamur tempe tersebut. Dengan teknik seperti ini kualitas tempe yang diproduksi akan terjamin, karena dosis penggunaan starter dapat diatur. Dalam membuat ragi tempe, yang harus dipersiapkan yaitu:

Bahan-Bahan:

  • Beras 300 gram
  • Tepung tempe 3 gram atau sebanyak 1% dari jumlah beras yang digunakan (disini cara membuat tepung tempe)
  • Tepung beras yang telah digoreng sangan/sangrai (digoreng tanpa minyak)

Peralatan:

  • Kukusan / langseng
  • Tampah bambu / nyiru
  • Pengaduk kayu
  • Lembaran plastik atau bisa menggunakan daun pisang
  • Alat penumbuk atau alat penggiling
  • Ayakan tepung
  • Wajan untuk menggoreng beras
  • Kantong plastik

Cara Pembuatan Ragi Tempe:

1. Pertama-tama beras dicuci sampai bersih, kemudian dimasak/ditanak hingga menjadi nasi. Nasi kemudian diletakkan diatas tampah bambu (nyiru) untuk didinginkan.

2. Setelah dingin, taburkan tepung tempe kemudian aduk sampai merata, tutup atasnya dengan lembaran plastik atau daun pisang.

3. Simpanlah tampah yang berisi nasi tadi di tempat pemeraman (proses peragian) yang bersih hingga seluruh nasi ditumbuhi jamur tempe. Jamur tempe yang telah menghasilkan spora akan tampak berwarna hitam.

4. Setelah nasi berwarna kehitaman akibat spora jamur (kapang), ambil dan jemur di bawah terik sinar matahari sampai kering merata.

5. Setelah kering, haluskan nasi dengan cara ditumbuk atau digiling. Setelah halus sempurna, ayak bubuk nasi tersebut. Hasil ayakan simpan di wadah.

6. Selanjutnya, hasil ayakan disebut dengan starter tempe diencerkan dengan tepung beras yang telah digoreng sangan/sangrai. Perbandingannya, untuk tiap 10 gram starter tempe ditambahkan 50 sampai 100 gram tepung beras sangan.

7. Setelah selesai, simpan starter tempe/ragi tempe dalam kantong plastik, kunci agar kedap dari udara. Cara membuat ragi tempe cukup mudah bukan? Jadi apa salahnya dicoba.

Catatan Penting:

Selama proses pemeraman, tutup plastik atau daun pisang sekali-kali harus dibuka (tapi jangan terlalu sering). Hal ini dilakukan untuk pertukaran udara dan untuk menguapkan air (embun) yang menempel pada plastik atau daun pisang agar tidak menetes lagi ke bahan. Kadar air yang tinggi akan mempercepat pembusukan. Supaya pertukaran udara baik, tutup plastik atau daun pisang diberi lubang-lubang atau bisa diganti dengan tutup yang baru.

Selain ragi tempe, ada juga jenis ragi lainnya yakni ragi tape,  ragi tape biasa digunakan dalam pembuatan tape ketan maupun tape singkong. Cara pembuatan ragi tape juga sangat mudah, bisa anda buat sendiri dirumah. Berikut ini Cara Membuat Ragi Tape Sendiri 100% Berhasil.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Ragi Tempe (Mudah Sekali,100% Berhasil), semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

2 COMMENTS

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini