Cara Mudah Mengatasi Penyakit Bercak Daun Aren

0

Unsurtani.com – Penyakit yang menyerang tanaman aren adalah penyakit bercak daun yang disebabkan oleh cendawan Helminthosporium sp. dan Pestalotiopsis. Serangan Helminthosporium sp. Menyebabkan daun menjadi kering sehingga mempengaruhi pertumbuhan bibit.

Pada permukaan daun yang masih muda, yaitu pada bagian atas dan bawah daun muncul bercak-bercak kecil berwarna hijau mengkilat yang selanjutnya membesar dan berubah menjadi warna coklat dengan bagian tepi terdapat lingkaran kuning.

Serangan umumnya terjadi pada musim hujan, dimana daun yang basah dan udara yang lembab memicu pertumbuhan jamur alias cendawan.

Cendawan Pestalotiopsis menyerang permukaan daun yang agak tua. Bagian bawah dan atas daun terlihat bercak-bercak membesar berukuran diameter 2-3 cm, berwarna kuning keputih-putihan dan ditengahnya terdapat bintik-bintik ber-warna hitam.

Untuk pencegahan dan pengendalian penyakit bercak daun ini, dapat diaplikasikan semprotan fungisida (anti jamur). Kami menggunakan fungisida merk Bayleton, Dithane45 dan Benlate.

Ketiga fungisida di atas memiliki zat aktif berbeda. Karenanya, untuk pencegahan, aplikasi dilakukan seminggu sekali. Artinya, minggu pertama gunakan Bayleton, minggu kedua pakai Benlate dan minggu ketiga semprotkan larutan Dithane45.

Jika serangan sudah berat, hujan sering turun dan pembibitan tidak beratap tembus cahaya (green house), maka interval penyemprotan dilakukan 3 hari sekali. Ada pun bibit yang sudah tak terselamatkan, maka harus dimusnahkan dengan cara dibakar (eradikasi).

Simak juga : Pengendalian Bercak Daun Cokelat (Brown Spot) Pada Tanaman Padi

Demikian informasi tentang Cara Mudah Mengatasi Penyakit Bercak Daun Aren, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Sumber : Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (2011)

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini