Manfaat Ikan Gabus, Sumber Albumin Tinggi Ampuh Atasi Penyakit Stroke, Hepatitis dan Infeksi Paru-Paru

0

Unsurtani.com – Banyak sekali penelitian yang  sudah menjelaskan apa saja kandungan dan manfaat ikan gabus bagi kesehatan manusia. Apakah benar kandungan dalam ikan gabus bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengobati  penyakit stroke, hepatitis, infeksi paru-paru? oleh karena itu simak informasinya berikut ini.

Ikan gabus (Channa striata) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di perairan umum seerti danau, rawa, sungai, waduk dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah sebagai ikan liar.

Ikan gabus dikenal dengan banyak nama yaitu sebagai haruan (Melayu dan Banjar), kocolan (Betawi); bayong, bogo, licingan, kutuk (Jawa). Ikan ini mempunyai nama ilmiah Channa striata (Bloch, 1793) dan ada yang menyebutnya dengan nama Ophiocephalus striatus. Secara internasional dikenal dengan sebutan “snake head” dan “murrel”.

Kandungan dalam Ikan Gabus

Berdasarkan hasil penelitian ikan gabus mengandung albumin yang sangat tinggi dimana albumin adalah bagian protein yang sangat penting bagi tubuh manusia. Albumin pada ikan gabus memiliki kandungan sejumlah asam amino utama untuk tubuh manusia, misalnya lisin, arginin, valin, histidin, isoleusin serta glutamin.

Asam amino glutamin contohnya berfungsi menstimulasi imunitas tubuh dengan begitu akan membantu menyegerakan pemulihan luka. Adanya sejumlah asam amino itu penting dalam terbentuknya sel-sel baru sekaligus mengganti sel tubuh yang rusak.

Berdasarkan hasil penelitian ikan gabus memiliki kandungan: Protein 79,5 %, Albumin 30,5 %, Mineral 5,95 % , Kadar Air 2,84 % yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein ikan gabus lebih tinggi dari pada bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging.

Hasil riset para ilmuan menujukkan kandungan albumin pada gabus cukup tinggi, sebesar 62,24 g/kg, dibandingkan dengan telur yang hanya 9,34 g/kg dan sumber albumin yang lain. Albumin merupakan plasma protein mengandung 16 asam amino yang demikian vital mulai dari penyusun sel, antibodi, enzim, hingga hormon.

Tingginya kandungan albumin dalam daging ikan gabus, sangat ampuh untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit misalnya hepatitis, infeksi paru-paru, dan stroke. Selain itu dapat memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak-anak dan ibu hamil, serta mempercepat penyembuhan luka, terutama untuk mempercepat pemulihan luka dan pembentukan jaringan baru pasca operasi dan melahirkan. Albumin yang berada di dalam darah manusia juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan air dan memberikan gizi di dalam sel, membantu mengeluarkan produk buangan. serta mempertahankan pengaturan cairan di dalam tubuh kita.

Ikan gabus saat ini harganya cenderung makin tinggi karena selain dimanfaatkan dalam bentuk segar, ikan gabus juga diolah menjadi ikan asin, ikan salai, abon ikan, kerupuk ikan dan lainnya. Kandungan nutrisi dalam daging ikan gabus yang begitu baik terutama albumin, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat dibuat ekstrak albumin yang dipercaya sebagai obat.

Oleh karena kandungan dan kelebihannya itu sejumlah ahli gizi menganjurkan kepada masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan gabus. Albumin ikan gabus dapat diproduksi dalam bentuk ekstrak, dimana untuk menghasilkan ekstrak kualitas baik diperlukan ikan gabus yang berukuran 1 kg per ekor. Karena kadar protein yang diperoleh dari 1 ekor ikan gabus berukuran 1 kg, lebih tinggi dibandingkan 2 ekor ukuran 500 gram.

Menurut Florentinus, salah seorang pengusaha ekstrak ikan gabus, dalam satu kali produksi dibutuhkan 70 – 100 kg ikan gabus, dan setiap kilogram ikan akan menghasilkan 170 – 200 cc ekstrak.

Faktor pendukung dalam mengembangkan usaha budidaya ikan gabus antara lain, cara budidaya tidak membutuhkan proses yang rumit dan tidak ada kendala yang berarti, serta pada saat ini masih belum begitu banyak pesaing yang melirik budidaya jenis ikan ini. Selain itu permintaan pasar akan ikan gabus yang begitu besar serapannya, serta harga yang cukup tinggi, maka wirausaha dan peluang usaha agro budidaya ikan gabus dapat menjadikan inspirasi untuk pengembangkannya.

Sumber : Dinas Perikanan dan Kelautan Kalimantan Selatan (2015)

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini