Pakan Alternatif Ayam Buras dari Keong Mas

0

Unsurtani.com – Dalam beternak ayam buras, faktor pakan membutuhkan iaya yang lebih besar dibandingkan dengan faktor produksi lainnya. Harga pakan komersial saat ini relatif mahal karena sebagian bahan bakunya masih impor.

Salah satu cara untuk menekan biaya pakan ini adalah dengan mengganti sebagian atau seluruhnya bahan pakan impor dengan memanfaatkan bahan lain yang ada disekitar kita yang tentunya relatif lebih murah, mudah didapat dan bergizi, antara lain: dedak, tepung kepala udang, tepung singkong dan keong mas.

Keong mas yang saat ini dikenal sebagai salah satu hama yang sangat berbahaya bagi pertanian terutama pada padi muda, sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif bagi ternak, karena dapat dijadikan sumber protein dan memberikan pertumbuhan yang baik pada ayam.

Keong Mas dan Kandungan Gizinya

Keong mas cukup potensial sebagai sumber protein untuk pakan ternak. Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan keong mas kepada itik dan ayam buras mampu meningkatkan produksi telur dan bobot badan. Untuk dijadikan pakan ternak, keong mas dapat digunakan keseluruhan bagian tubuh keong mas sebagai sumber protein dan mineral.

Komposisi Pakan Alternatif

Penyusunan komposisi pakan alternatif untuk ternak ayam buras disesuaikan dengan ketersediaan bahan pakan lokal yang ada. Berikut disajikan komposisi pakan alternatif hasil pengkajian yang telah dilaksanakan oleh BPTP Kalimantan Timur.

Komposisi bahan pakan ayam buras diatas dibedakan atas umur pemeliharaan. Untuk 1-8 minggu, tanpa keong mas, setela itu (9-12 minggu), keong mas diberikan sekitar 7% dari total pakan keseluruhan. Keong mas dapat diberikan dalam bentuk segar ataupun yang sudah direbus terlebih dahulu.

Cara Pemberian Pakan

Adalah penting bagi peternak ayam buras mengetahui tata cara pemberian pakan yang benar dan efisien. Selain itu, pemahaman akan mutu pakan, tempat (wadah) pakan, tempat air minum, waktu pemberian pakan, bentuk kandang, sanitasi dan vaksinasi, sangat membantu keberhasilan peternak dalam mengembangkan usahanya.

Sebagai pakan alternatif, keong mas dapat diberikan dalam bentuk segar maupun direbus terlebih dahulu. Kemudian dipotong kecil-kecil sesuai keadaan ayamnya. Awalnya, untuk membiasakan dan tahap perkenalan, pemberian potongan daging keong mas dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit, dan dicampur dengan pakan alternatif lainnya (dedak, jagung, tepung singkong dan tepung cangkang udang). Hal ini dapat dilakukan 2-3 hari sampai ayam terlihat mulai menyukai cacahan daging keong mas.

Selanjutnya, pemberian cacahan daging keong mas dapat diberikan setiap hari sebanyak 1 kali. Dosis pemberia keong mas disesuaikan dengan keadaan (nafsu makan) ayam buras. Penambahan dosis bisa dilakukan bersamaan dengan pertumbuhan ayam.

Simak juga : 

Sumber : BPTP Kalimantan Timur

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini