Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Akibat Keracunan Pestisida

0

Unsurtani.com – Setiap orang yang pekerjaannya sering berhubungan dengan pestisida seperti petani, buruh penyemprot dan Iain-lain harus mengenali gejala dan tanda-tanda keracunan pestisida dengan baik.

Tindakan pencegahan lebih baik dilakukan untuk menghindari keracunan. Setiap orang yang berhubungan dengan pestisida harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kenali gejala dan tanda keracunan pestisida dan pestisida yang sering digunakan.
  • Jika diduga keracunan, korban segera dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.
  • Identifikasi pestisida yang memapari korban, berikan informasi ini pada rumah sakit atau dokter yang merawat.
  • Bawa label kemasan pestisida tersebut. Pada label tertulis informasi pertolongan pertama penanganan korban.
  • Tindakan darurat dapat dilakukan sampai pertolongan datang atau korban dibawa ke rumah sakit.

Petunjuk pertolongan pertama pada kecelakaan yaitu tindakan penanganan kesehatan yang dapat segera dilakukan oleh diri sendiri atau orang lain sebelum ditangani petugas medis yang berwenang. Petunjuk pertolongan pertama pada kecelakaan disesuaikan dengan sifat bahaya pestisida yang bersangkutan, dinyatakan dengan kalimat-kalimat tertentu sebagai berikut:

Keterangan:

1. Hentikan paparan dengan memindahkan korban dari sumber paparan, kemudia tanggalkan pakaian yang terkena pestisida dan cucilah kulit yang terkena dengan air dan sabun secara menyeluruh sampai bersih, dan usahakan agar pasien tetap bertenaga.

2. Apabila pestisida mengenai mata basuhlah segera dengan air bersih selama 15 menit.

3. Apabila pestisida tertelan dan masih sadar segera usahakan pemuntahan dengan memberikan minum segelas air hangat yang diberi satu sendok garam dapur atau dengan cara menggelitik tenggorokan dengan jari tangan yang bersih. Usahakan terus pemuntahan sampai cairan muntahan menjadi jernih.

4. Jangan diberi sesuatu melalui mulut pada penderita yang tidak sadar/pingsan.

5. Apabila terhisap bawalah penderita ke ruangan yang berudara segar dan bila perlu berikan pernafasan buatan melalui atau dengan pemberian oksigen.

6. Korban segera dibawa kerumah sakit atau hubungi dokter atau petugas medis terdekat. Berikan informasi tentang pestisida yang memapari korban dengan membawa dan menunjukkan label kemasan pestisidanya.

Simak juga : Arti Simbol, Warna dan Kalimat Peringatan Bahaya pada Label Pestisida

Demikian informasi tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Akibat Keracunan Pestisida, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini