15 ZPT Untuk Memperbesar Umbi dan Meningkatkan Produktivitas Bawang Merah

0

Unsurtani.com – Salah satu upaya meningkatkan produktivitas bawang merah ini adalah dengan merangsang perkembangan umbi agar tumbuh lebih besar dan lebih banyak. Perlu kita ketahui bahwa keberhasilan budidaya bawang merah sangat ditentukan kemampuan tanaman bawang memproduksi umbi bawang merah dari anakan.

Dari satu siung bibit umbi bawang merah yang ditanam, biasanya dapat menghasilkan belasan bahkan puluhan umbi. Untuk itulah pada budidaya tanaman bawang merah lebih dikonsentrasikan pada pengembangan bagian umbinya.

Ada banyak sekali zat pengatur tumbuh dipasaran yang bisa kita pilih untuk kebutuhan meningkatkan kualitas dan produtivitas bawang merah. Berikut ini 15 ZPT untuk meningkatkan hasil produksi bawang merah.

1. GIBBERSIPP 20 TB

Gibbersipp 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% yang dikemas dalam berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi/tanaman, bobot umbi, hasil/tanaman, hasil/petak, hasil/ha.

Diproduksi oleh: PT Maju Makmur Utomo
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 1,25 tablet/50 l air (3 dan 6 MST)

2. GAPLUS 20 TB

Gaplus 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% yang dikemas dalam berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, komponen hasil, dan hasil tanaman bawang merah.

Diproduksi oleh: PT Jawa Agrindo Internasional
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 0,125 g/l

3. GIBRILL 20 TB

Gibrill 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% yang dikemas dalam berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi/tanaman, bobot 10 umbi, hasil/tanaman, hasil/petak dan hasil/ha.

Diproduksi oleh: PT Remaja Bangun Kencana Chemicals
Cara Penggunaan: penyemprotan volume tinggi : 1,25 tablet/50 l air (3 dan 6 MST)

4. GOLDGIB 20 TB

Goldgib 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% yang dikemas dalam berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, hasil/tanaman (g), jumlah umbi/tanaman, hasil/petak (kg), dan hasil/ha (kg).

Diproduksi oleh: PT Mekar Warna Sari
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 15 – 20 g/ha

5. BIGEST 20 TB

Bigest 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% yang dikemas dalam berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, hasil/tanaman, jumlah umbi/tanaman, bobot basah/umbi, bobot kering/umbi, hasil/petak, hasil/ha.

Diproduksi oleh: PT Multi Sarana Indotani
Cara Penggunaan: Penyempotan volume tinggi : 1 – 1,5 g/40 l air

6. GLIDER 25 TB

Glider 25 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 40 g/l berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan komponen hasil dan hasil tanaman.

Diproduksi oleh: CV Makmur Jaya Bekasi
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 0,075 g/l (0,75 tablet/50 l)

7. GAGOLD 40 TB

Gagold 40 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 40% berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan jumlah daun, hasil tanaman, hasil/petak dan hasil/ha.

Diproduksi oleh: PT Kristalindo Karunia Internasional
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 3 ml/l 9,16 dan 30 HST

8. SINAGROWTH 20 TB

Sinagrowth 20 TB adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20% berbentuk tablet. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan hasil tanaman/ha, hasil/petak (besar dan kering).

Diproduksi oleh: PT Sinamyang Indonesia
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 0,125 g/l /aplikasi 3 dan 6 MST

9. AJIB 50 SL

Ajib 50 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam naftalen 50 g/l yang dikemas dalam berbentuk larutan. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah umbi/tanaman, bobot 10 umbi/g, hasil/tanaman (g), hasil/petak (kg) dan hasil/ha (kg/ha).

Diproduksi oleh: PT Primasid Andalan Utama
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 150 – 200 ml/ha, 2 dan 4 minggu setelah tanam

10. HARAXIN 20 SL

Haraxin 20 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 20 g/l berbentuk larutan dalam air. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan jumlah umbi/tanaman, bobot basah umbi/petak, dan bobot kering umbi/petak.

Diproduksi oleh: PT Ditya Chemindo
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 10 ppm

11. GREEN MASCOT 40 SL

Green Mascot 40 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 40 g/l berbentuk larutan dalam air. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan komponen hasil, dan hasil tanaman bawang merah, jumlah umbi pada tanaman, hasil/petak, dugaan hasil/ha.

Diproduksi oleh: CV Boma Sakti Tani
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 2 g/l air 3 dan 6 HST

12. SAGRI-FIX 45 SL

Sagri-Fix 45 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam asetik indol 15 g/l, natrium naptalene-1-asetat 15 g/l, dan natrium nitrofenol 15 g/l. ZPT ini berbentuk larutan dalam air. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan hasil panen.

Diproduksi oleh: PT Satya Agro Indonesia
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 375 ml/ha (9 HST, 16 HST, 30 HST)

13. STICK TONIK 10,5 SL

Stick Tonik 10,5 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam natrium naftalen asetik 4 g/l, natrium 5 nitroguaiakol 1 g/l, natrium orto nitrofenol 2 g/l,  natrium para nitrofenol 3 g/l, dan natrium 2,4 dinitroguaiakol 0,5 g/l.

ZPT ini berbentuk larutan dalam air. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan bobot umbi dan hasil panen.

Diproduksi oleh: CV Graha Agritech
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 3 ml/l 3 dan 6 MST

14. BAYGEST 40 SL

Baygest 40 SL adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 40 g/l ini berbentuk larutan dalam air. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan bobot 10 umbi, hasil/tanaman basah, hasil/tanaman kering, hasil/petak.

Diproduksi oleh: PT Arena Agro Utama
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 500 – 1000 ml/ha/aplikasi (3 HST dan 6 MST)

15. PROUD 4 EC

Proud 4 EC adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbahan aktif asam giberelat 4 g/l yang dikemas dalam berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan. Zat pengatur tumbuh dengan tanaman sasaran bawang merah ini digunakan untuk meningkatkan tinggi tanaman, bobot umbi/tanaman, jumlah siung/rumpun, jumlah umbi/tanaman, bobot/petak, hasil/ha.

Diproduksi oleh: PT Dalzon Chemicals Indonesia
Cara Penggunaan: Penyemprotan volume tinggi : 50 – 75 ml/ha (aplikasi pada 30 HST dan 40 HST).

Simak juga: Arti Kode SL, EC, WP, SP, GR, TB, MC pada Kemasan Pestisida dan ZPT

Demikian informasi tentang 15 ZPT Untuk Memperbesar Umbi dan Meningkatkan Produksi Bawang Merah, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini