5 Pestisida Untuk Mengatasi Bercak Daun Coklat Tanaman Padi

0

Unsurtani.com –¬†Penyakit bercak daun coklat merupakan salah satu penyakit utama tanaman padi. Penyakit yang disebabkan oleh jamur Helminthosporium oryzae tersebar dinegara-negara penghasil padi di Asia dan di Af rika. Di Indonesia, penyakit ini banyak ditemukan pada pertanaman padi terutama di tanah-tanah marginal yang kurang subur, atau kahat unsur hara tertentu.

Gajala khas penyakit ini adalah adanya bercak coklat pada daun berbentuk oval yang merata di permukaan daun dengan titik tengah berwarna abu-abu atau putih. Titik abu-abu di tengah bercak merupakan gejala khas penyakit bercak daun coklat di lapang. Bercak yang masih muda berwarna coklat gelap atau keunguan berbentuk bulat. Pada varietas yang peka, panjang bercak dapat mencapai panjang 1 cm. Pada serangan berat, jamur dapat menginfeksi gabah dengan gejala bercak berwarna hitam atau coklat gelap pada gabah.

Simak juga: Arti Kode SL, EC, WP, SP, GR, TB, MC pada Kemasan Pestisida dan ZPT

Penyakit bercak daun coklat sangat merugikan bagi petani, karena menyebabkan kehilangan hasil baik secara kuatitatif maupun kualitatif. Selain pengendalian secara alami, maka langkah terakhir adalah dengan menggunakan fungisida. Berikut ini 5 fungisida untuk mengatasi penyakit bercak daun coklat tanaman padi:

11. NATIVO 75 WG

Nativo 75 WG berbahan aktif tebukonazol 50% dan trifloksistrobin 25% adalah fungisida sistemik yang bersifat fungitoksik berbentuk butiran berwarna putih yang dapat didispersikan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman padi, bawang merah, jagung, kacang tanah, dan krisan.

Nativo 75 WG adalah fungisida pembasmi jamur dengan sifat kontak dan sistemik yang mengandung zpt. Fungisida ini dapat digunakan untuk mengendalikan hampir semua jenis penyakit jamur yang disebabkan oleh jamur pada tanaman pangan dan palawija. dapat digunakan sebagai pencegah maupun menyembuhkan tanaman yang terkena penyakit akibat cendawan/jamur.

Dosis pemakaian sangat hemat, berkisar 7 gram/tangki semprot 15 liter. kemasan 50 gram bisa digunakan untuk 7 tangki atau setara dengan 1/4 hektar lahan. untuk luas lahan 1 hektar, anda memerlukan 200 gram atau setara dengan 4 kemasan.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini