Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai 100% Berhasil

1

Unsurtani.com – Nilai gizi utama dalam kedelai protein (34.9%). Kedelai mengandung 8 asam amino esensial. Selain protein, kedelai juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium serta berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan asam folat.

Kedelai dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, bahkan dapat diolah untuk diambil minyaknya. Makanan tradisional berbahan kedelai telah lama dikenal masyarakat seperti tahu, susu kedelai, tempe, dan lain sebagainya.

Tempe dapat diolah dari bahan kedelai melalui fermentasi menggunakan ragi tempe atau Rhizopus sp. Peranan Rhizopus adalah memproduksi sejumlah enzim pemecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana, sehingga kedelai mudah dicerna tubuh.

Beragam keunggulan mengonsumsi tempe antara lain mampu mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan prostat, melangsingkan tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, dalam pencernaan, serat akan membentuk gel yang mengikat air, sehingga akan meningkatkan volume makanan sekaligus mengenyangkan.

Berikut ini cara mudah membuat tempe kedelai:

Bahan-bahan

  • Biji kedelai 2 kg
  • Ragi tempe 1 sdt

Cara pembuatan :

  • Cuci bersih kedelai, kemudian rendam selama 5 jam. Selanjutnya cuci bersih kembali,
  • Rebus kedelai kurang lebih 30-45 menit lalu rendam semalam,
  • Buang kulit ari menggunakan tangan atau mesin, kemudian cuci bersih,
  • Kukus selama 20 menit,
  • Dingingkan dan taburi ragi tempe, aduk rata,
  • Bungkus tempe dengan menggunakan kemasan plastik atau daun pisang.

Simak juga : Cara Membuat Ragi Tempe (Mudah Sekali, 100% Berhasil)

Demikian informasi tentang Cara Membuat Tempe Kedelai, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

1 Komentar

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini