Cara Mudah Membuat Sirup Buah Pala

0

Unsurtani.com – Di beberapa daerah daging buah pala dibuang sebagai limbah setelah diambil biji dan fulinya, padahal daging buah pala merupakan komponen terbesar dari buah pala segar (83,3 persen), dibanding fuli (3,22 persen), tempurung biji (3,94 persen), dan daging biji (9,54 persen).

Pemanfaatan daging buah pala secara optimal akan dapat meningkatkan pendapatan petani, sebab dengan pengembangan diversifikasi produk olahan buah pala, dapat memberikan keuntungan ganda kepada petani pala.

Buah pala juga biasa digunakan sebagai obat diare, kembung, serta meningkatkan daya cerna dan selera makan (Astawan, 2008), selain itu buah pala banyak digunakan untuk menghilangkan rasa mual, karena memiliki sifat antiemetik (anti muntah) yaitu senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Selain itu daging buah pala mengandung zat-zat yang berguna untuk kesehatan seperti kalsium, fosfor, vitamin C dan A, serta sedikit zat besi.

Pengolahan daging buah pala menjadi sirup pala merupakan salah satu alternatif dari pemanfaatan limbah yang akan memberikan nilai tambah pendapatan pada petani pala.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Daging buah pala 1 kg
  • Fully (bunga pala) 20 gr
  • Biji pala muda 20 gr
  • Gula pasir 1 kg
  • Air putih untuk membuat larutan pala 1,5 liter

Cara pembuatan:

  1. Kupas kulit pala, pisahkan bijinya, kemudian iris tipis-tipis.
  2. Blender daging buah pala, fully, dan biji pala muda sampai halus, tambahkan air
    secukupnya.
  3. Saring sari buah pala yang dihasilkan, pisahkan dengan ampasnya (penyaringan
    sebaiknya menggunakan kain saring).
  4. Tambahkan gula ke dalam sari buah pala, dan masak hingga mengental.
  5. Dinginkan, masukkan ke dalam botol dan tutup rapat.
  6. Untuk penyajian, tambahkan air dingin atau air hangat sesuai selera, dan sirup buah pala siap dinikmati.

Demikian informasi tentang Cara Mudah Membuat Sirup Buah Pala, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini