Panduan Lengkap Budidaya Pepaya Merah Delima

0

Unsurtani.com – Hingga saat ini, perbanyakan tanaman papaya dilakukan secara generatif, yaitu dengan menyemaikan biji dari buah yang sudah masak, karena mudah dilakukan dalam jumlah banyak. Tanaman papaya dapat di tanam di semua daerah di Indonensia dan dapat tumbuh subur menyebar dari dataran rendah sampai tinggi, yaitu sampai 1000 mdpl.

Produksi buah papaya di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balittro) sudah mempunyai koleksi papaya yang berasal dari hasil karakterisasi, seleksi dan hibridisasi, sehingga diperoleh kandidat papaya dengan karakter daging buah tebal (> 3 cm), rasa manis, warna daging buah merah orange dan produktivitas  70 – 90 ton/ha ukuran buah sedang dengan bobot rata-rata 1,2 kg/buah.

Papaya tersebut di beri nama papaya Merah Delima, pepaya merah delima dapat ditanam dengan jarak tanaman 2,5 x 2,5 meter, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi. Pepaya merah delima dapat dipanen pada umur 7 – 8 bulan setelah tanam, tinggi buah pertama antara 45 – 60 cm dan umur produktifnya dapat mencapai 2 – 3 tahun.

Persiapan Bibit

  • Sebaiknya bibit ini diusahakan sendiri dengan mengambil biji dari pepaya yang sengaja dibiarkan masak di atas pohon, atau dapat membeli pada petani lain atau di toko pertanian terdekat.
  • Biji yang sudah dikeluarkan kemudian dicuci bersih sampai kulit ari yang membungkus biji terbuang, baru kemudian dikeringkan di tempat yang teduh.
  • Biji yang sudah dikeringkan direndam dalam air hangat selama 3 jam. Proses perendaman biji ini adalah untuk melunakan kulit biji agar proses perkecambahan berlangsung cepat. Campurlah air rendaman dengan fungisida sesuai dosis yang telah ditentukan agar bibit pepaya lebih kuat dari serangan penyakit.

Persemaian

  • Benih-benih yang sudah berkecambah kemudian ditanam ke dalam media semai polybag dengan media campuran media tanah + pupuk kandang + pasir (1:1:1).
  • Penanaman di persemaian sedalam 5 cm. Sembari menunggu benih tumbuh, siapkan lahan tanam dengan dibuat bedengan.
  • Pada umur 12 – 15 hari, bibit akan berkecambah, dan ketika ketinggian bibit mencapai 15 – 20 cm atau berumur 60 – 90 hari, bibit siap untuk dipindahkan.

Simak juga : Cara Menyemai Benih Pepaya Menggunakan Tisu atau Kain Lembab

Pembuatan Lahan Tanam (Bedengan)

  1. Buatlah bedengan berukuran lebar 2 meter dan panjangnya sesuaikan dengan area lahan, tinggi bedengan sekitar 40 cm dengan jarak antar bedengan 45 cm.
  2. Lalu buat lubang tanam dengan ukuran 20 x 20 cm dengan kedalaman 25 cm. Adapun jarak lubang tanam 2,5 x 2,5 meter.
  3. Setelah lubang tanam dibuat di bedengan, kemudian diberikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak lurang lebih 20 kg, dan biarkan selama satu minggu agar mendapatkan cukup sinar matahari.

Penanaman Bibit

  1. Bibit-bibit pepaya dari polybag yang sudah berumur 60 – 90 hari, bibit siap di tanam di lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Proses penananam dilakukan dengan hati-hati, yakni memindahkan bibit yang telah disemaikan dari polybag menuju lubang tanam yang telah dipersiapkan. Proses tanam sebaiknya dilakukan pada saat sore hari. Lakukan perlahan sebab akar yang di keluarkan dalam polybag tidak boleh terputus, karna akan menyebabkan bibit layu dan mati, siramlah setelah proses penanaman selesai.
  3. Sisakan stok bibit sekitar 10% gunanya untuk mengganti atau menyulam bibit yang mati atau terkena penyakit.

Pemeliharaan

  • Penyiangan dan pembumbunan dengan cara menyiang rumput-rumput liar di sekeliling tanaman Pepaya dan mengembalikan di sekitar tanaman.
  • Pemupukan pertama dilakukan seminggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk kimia sebanyak 25 gram Urea, 50 gram ZA, 50 gram TSP dan 25 gram KCl. Pupuk-pupuk tersebut dicampur dan ditanam melingkari batang tanaman.
  • Pemupukan kedua dilakukan saat tanaman berumur 3-5 bulan, dengan komposisi: 50 gram Urea, 75 gram ZA, 75 gram TSP, dan 50 gram KCl.
  • Pemupukan ketiga diberikan secara rutin sebulan sekali pada saat umur tanaman 6 bulan atau lebih. Pupuk yang digunakan adalah: 60 gram Urea, 100 gram ZA, 75 gram TSP, dan 75 gram KCl.
  • Pengairan dilakukan pagi dan sore apabila tidak ada hujan.

Simak juga : 

Pemanenan

Umur panen papaya merah delima 7 – 8 bulan setalah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2 – 3 tahun.

Demikian informasi tentang Teknik Budidaya Pepaya Merah Delima, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini