5 Obat Untuk Meningkatkan Bobot Umbi Kentang

0

Unsurtani.com – Pasti sebegai petani kentang ingin tanaman kentangnya mampu menghasilkan produksi yang maksimal. Selain melakukan perawatan dan pemupukan, penggunaan zat pengatur tumbuh juga diperlukan guna mencapai target produksi yang diinginkan.

Ada tiga hormon yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman dalam proses pertumbuhannya, yaitu: Auksin, Giberelin, dan Sitokinin. Apabila tanaman kekurangan salah satu hormon tersebut maka pertumbuhannya akan terganggu. Tanaman bisa menjadi kerdil (pertumbuhan lambat), pertumbuhan akar kurang sempurna, umbi sedikit dan kecil, bunga dan buah mudah rontok. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi produksi tanaman itu sendiri. Simak juga Peranan Hormon Tumbuh Auksin, Giberelin, Sitokinin, Etilen, Absisat dan Kalin.

Banyak produk zpt dipasaran yang sangat beragam, namun anda juga harus jeli dalam memilih jenis zpt yang tepat sasaran. Tepat sasaran disini artinya jika anda ingin meningkatkan produksi kentang, tentu zpt yang digunakan harus yang khusus untuk meningkatkan hasil tanaman kentang. Dari beragam ZPT dengan bermacam merk dagang, berikut ini 5 zat pengatur tumbuh untuk meningkatkan bobot umbi kentang :

1. FULTAR 250 SC

Fultar 250 SC adalah zat pengatur tumbuh (ZPT) berbahan aktif paklobutrazol 250 g/l, berbentuk pekatan suspensi berwarna putih kekuningan yang digunakan untuk meningkatkan bobot umbi, hasil/tanam, hasil/petak, hasil/tanaman, hasil/ha pada tanaman kentang dan wortel.

Cara pemakaian:

Kentang : meningkatkan bobot umbi, hasil/tanaman, hasil/petak, hasil/tanaman, hasil/ha (Penyemprotan volume tinggi : 300 ml/ha/aplikasi 40 dan 60 HST).

2. ATONIK 6,5 L

Atonik 6,5 L adalah zat pengatur tumbuh (ZPT) sekaligus fungisida berbahan aktif natrium 2,4 dinitrofenol : 0,5 g/l, natrium 5 nitroguaiakol : 1 g/l, natrium orto nitrofenol : 2 g/l, natrium para nitrofenol : 3 g/l, berbentuk larutan dalam air yang digunakan untuk meningkatkan hasil sekaligus pengendalian beberapa penyakit pada tanaman kentang, bawang merah, cabai merah, jeruk, kakao, padi, dan tomat.

Cara pemakaian:

  • Kentang : Meningkatkan jumlah dan bobot umbi (Penyemprotan volume tinggi : 1 – 2 ml/l)
  • Kentang : penyakit bercak kering Alternaria solani (Penyemprotan volume tinggi : 1 – 1,5 ml/l).

3. NATIVO 75 WG

Nativo 75 WG adalah fungisida sistemik yang bersifat protektif, preventif, kuratif, eradikatif dan sekaligus sebagai zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk butiran yang dapat didispersikan dalam air. Nativo 75 WG berbahan aktif tebukonazol : 50 % dan trifloksistrobin : 25 %, yang digunakan untuk meningkatkan hasil sekaligus pengendalian penyakit pada berbagai tanaman sayur maupun tanaman buah, dan umbi-umbian seperti kentang.

Cara pemakaian:

Kentang : meningkatkan jumlah umbi/tanaman, rata-rata bobot umbi, hasil/tanaman, hasil/petak, hasil/ha (Penyemprotan volume tinggi : 150 g/ha 40 HST dan 60 HST).

4. FOLICUR 430 SC

Folicur 430 SC adalah fungisida sistemik yang bersifat protektif, kuratif, eradikatif dan sekaligus sebagai zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk pekatan suspensi. Folicur 430 SC berbahan aktif tebukonazol : 430 g/l, yang digunakan untuk meningkatkan hasil sekaligus pengendalian penyakit pada berbagai tanaman sayur maupun tanaman buah, dan umbi-umbian seperti kentang.

Cara pemakaian:

Kentang : meningkatkan jumlah umbi/tanaman, rata-rata bobot/umbi, hasil/tanaman, hasil/petak, hasil/ha (Penyemprotan volume tinggi : 300 ml/ha 40 HST dan 60 HST).

5. CULTIVAR 15 WP

Cultivar 15 WP adalah zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Cultivar 15 WP berbahan aktif paklobutrazol (paclobutrazol) : 15 %, yang digunakan untuk meningkatkan hasil dan bobot umbi kentang.

Cara pemakaian:

Kentang: meningkatkan bobot umbi, hasil/tanaman, hasil/petak, hasil/ha (Penyemprotan volume tinggi: 300 g/ha/aplikasi 40 dan 60 HST).

Simak juga :

Demikian informasi tentang Obat Untuk Meningkatkan Bobot Umbi Kentang, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini