Apa Saja Bahan Membuat Pakan Complete Feed? Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Ternak Selama 24 Jam

0

Unsurtani.com – Complete feed adalah pakan lengkap yang mampu memenuhi kebutuhan zat gizi ternak selama 24 jam. Pakan komplit merupakan kombinasi dari pakan hijauan berserat tinggi dan pakan konsentrat serta pakan suplemen. Untuk meningkatkan kualitas pakan komplit tersebut maka dilakukan proses fermentasi dengan menggunakan decomposer atau probiotik.

Keuntungan menggunakan complete feed yaitu (1) petani tidak perlu setiap hari mencari rumput, karena pakan komplit ini bisa disimpan lama. (2) hemat tenaga kerja (1 orang tenaga dapat memelihara ±200 ekor ternak kambing/domba atau ±20 ekor sapi). (3) terjaminnya kebutuhan zat gizi ternak yang dipelihara.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Bahan Pakan Berserat, misalnya rumput, jerami padi, jerami jagung, klobot jagung, janggel jagung, kulit singkong, kulit kacang, brangkasan kacang hijau.
2. Pakan Konsentrat, dapat berupa bahan pakan tunggak berkualitas tinggi, seperti: dedak padi, pollard/dedak gandum, dedak jagung atau pakan konsentrat komersial dan atau formula pakan konsentrat yang disusun sendiri.
3. Bahan Suplemen, seperti garam dapur/rosok, kalsit, tetes tebu, urea dan dekomposer/probiotik yang banyak dijual (misalnya: EM4, Starbio, Biofad, Probion).

Simak juga: Pembuatan Complete Feed Pakan Alternatif Lengkap (Efektif dan Efisien Pada Musim Kemarau)

Peralatan :

  • Alat atau mesin pencacah pajan berserat,
  • Tempat untuk fermentasi (bak dan tutupnya, drum dan tutupnya, atau kantong plastik tebal),
  • Alat pengaduk bisa dari kayu atau bambu,
  • Ember dan gayung,

Proses Pengolahan Complete Feed

  1. Bahan pakan berserat dicacah, dihamparkan diatas lantau atau diatas terpal (semakin kecil cacahannya, akan semakin baik/homogen dalam pencampurannya).
  2. Selanjutnya, hamparkan pakan konsentrat diatasnya, dan tambahkan kalsit secara merata.
  3. Larutkan garam dapur dengan air secukupnya, juga larutkan urea dengan air secukupnya, setelah larut baru dicampurkan dan tambahkan tetes tebu serta probiotik bila perlu tambahkan air secukupnya.
  4. Semprotkan/percikkan larutan pada No. 3 diatas tumpukan bahan No. 1 dan 2, selanjutnya diaduk-aduk dan bila perlu tambahkan air lagi hingga kadar air campuran mencapai 60%. Untuk mengukur kadar air tersebut, caranya dengan mengepal bahan adonan, apabila tangan basah tapi air tak menetes berarti kadar air sudah sesuai takarannya.
  5. Masukkan adonan No. 4 tersebut kedalam drum atau tempat yang lain dan padatkan, kemudian tutup rapat selama 3 minggu.

Pakan complete feed ini dapat digunakan setelah 3 hari setelah proses fermentasi berlangsung, asalkan setelah mengambil untuk diberikan ternak harus ditutup rapat kembali. Setelah proses fermentasi selama 3 minggu tersebut pakan complete feed ini dapat disimpan dalam kondisi terbuka, namun sebelumnya harus diangin-anginkan sampai kering.

Berikut ini Contoh Beberapa Formulasi Pakan Konsentrat

Bahan PakanForm 1Form 2Form 3Form 3
Dedak Padi Super75
Dedak Padi No. 224.516.5
Kulit Kopi25222524
Bungkil Kopra203013.5
Bungkil Klenteng10
Onggok4856
Dedak Gandum (Pollard)20.5
Urea0.52

Contoh Formulasi Pakan Komplit berbahan Limbah Jagung

Bahan PakanKg
Limbah Jagung Kering (KA ±12%)60
Brand/Pollard40
Tetes Tebu1
Urea0.2
Garam Dapur2
Kalsit/Kapur Mati2
Probiotik (Starbio)0.2
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini