Membuat Perangkap Feromon Untuk Ngengat, Wereng, Klaper dan Serangga Lainnya

0
Membuat Perangkap Feromon Untuk Ngengat, Wereng, Klaper dan Serangga Lainnya

Unsurtani.com – Feromon-exi, produk feromon seks yang khusus diperuntukkan untuk mengendalikan ulat bawang (Spodoptera exigua) dan serangga lainnya seperti kleper, kupu-kupu, ngengat, wereng batang dan sebagainya.

Feromon sendiri merupakan senyawa yang dilepas oleh salah satu jenis serangga yang dapat mempengaruhi serangga lain yang sejenis dengan adanya tanggapan fisiologi tertentu. Feromon serangga dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan serangga hama baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu digunakan dalam hal : pemantauan serangga hama (monitoring), perangkap massal (mass trapping), pengganggu perkawinan (matting distruption), maupun kombinasi antara feromon sebagai atraktan dengan insektisida atau patogen serangga sebagai pembunuh (attracticide).

Satu buah perangkap dapat membunuh kupu-kupu jantan spidoptera exigua hingga 400 ekor, sedangkan 1 ekor kupu-kupu jantan S. Exigua akan membuahi minimal 10 ekor kupu-kupu betina dalam siklus hidupnya. Satu ekor kupu-kupu betina akan bertelur minimal 300 butir. Akan terjadi penurunan serangan ulat spidoptera exigua secara drastis pada lahan bawang yang dipasangi toples perangkap ber feromon exi. yang disii air dicampur perekat insektisida/ fungisida.

Kegunaan :

  • Menarik klaper / kupu-kupu / ngengat Spodoptera jantan agar terperangkap di dalam toples sehingga klaper betina tidak dapat kawin & bertelur. Satu klaper jantan mampu membuahi 10 klaper betina. Satu klaper betina mampu menghasilkan 500-1.000 telur yg akan menetas dalam 2-3 hari menjadi ulat.
  • Mengurangi biaya insektisida hingga 60-80% (dari 12 menjadi 3 kali semprot). Lebih ramah lingkungan & aman bagi konsumen.
  • Memperlambat timbulnya resistensi / kekebalan terhadap insektisida.

Bahan Aktif

  • Z-9-tetra decenol
  • Z-F-9-12- tetradecadienyl acetate

Dosis pemakaian :

  • 1 ha membutuhkan 20 pelet = 4 kotak isi 5 pelet
  • Lahan seluas 1/4 ha / 2.500 m2 / banon 180 / 180 ru membutuhkan 1 kotak

Cara aplikasi : dilakukan pada 1 MST

Skema perangkap serangga dengan feromon
  1. Gantungkan pelet menggunakan kawat di dalam sebuah toples. Sekali pasang Feromon Exi bertahan hingga 2,5 bulan.
  2. Isi dasar toples dengan air + air sabun atau perekat + insektisida setinggi 5 cm.
  3. Gantungkan toples agar dapat bergerak bebas. Jarak ke tanah 30 cm.
  4. Bila toples sudah penuh, ganti dengan air baru.

Simak juga : Sistem Bubu Perangkap Tikus TBS dan LTBS, Ampuh Atasi Hama Tikus

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini