Unsurtani.com – Bunga dan daun krisan ternyata dapat diolah menjadi penganan yang sedap dan berkhasiat pula. Konon, organ tanaman krisan ini mengandung beberapa zat anti oksidan, berkhasiat untuk mengendalikan kolesterol, penyakit gula dan pelangsing tubuh.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur telah mengembangkan teknik mengolah daun dan bunga krisan menjadi makanan ringan yang tidak kalah sedapnya dengan penganan lain yang bersumber dari tanaman. Organ tanaman krisan tersebut dapat diolah menjadi kripik, rolade, sirup, puding dan teh.

Berikut ini resep membuat puding daun dan bunga Krisan:

Bahan-bahan:

  • Agar-agar merah 2 bungkus
  • Agar-agar hijau 1 bungkus
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 gelas air bunga krisan (10 kuntum) yang sudah diblender dan disaring
  • 1 gelas daun krisan (20 lembar) yang sudah diblender dan disaring
  • Gula pasir 20 sdm

Cara membuat:

Lapisan 1: 1 bungkus agar-agar merah, 3 gelas air, dan  4 sdm gula pasir. Semua bahan dicampur jadi satu, rebus hingga mendidih, lalu angkat dan tuangkan pada cetakan. Sebagai pemanis/hiasan ambil sekuntum bunga krisan masukkan kedalam cetakan.

Lapisan2: 1 bungkus agar-agar merah, 2 gelas air, 1 gelas air bunga krisan dari 10 kuntum bunga, 1/2 kaleng susu kental manis, dan 4 sdm gula pasir. Semua bahan dicampur jadi satu, rebus hingga mendidih, angkat dan tuangkan diatas lapisan I.

Lapisan 3: 1 bungkus agar-agar hijau, 2 gelas air, 1 gelas air daun krisan dari 20 lembar daun, 1/2 kaleng susu kental manis, dan 4 sdm gula pasir. Semua bahan dicampur jadi satu, rebus hingga mendidih, angkat dan tuangkan pada lapisan 2.

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini