Cara Membuat Es Krim Susu Sapi Bergizi Tinggi

0

Unsurtani.com – Susu sapi merupakan bahan makanan dengan kandungan vitamin lengkap. Setiap 100 gram susu mengandung kalori sebesar 70,5 kilokalori, protein 3,4 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 125 miligram, sementara persentase penyerapan dalam tubuh sebesar 98-100%.

Susu memiliki banyak manfaat, antara lain mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah, mencegah kerusakan gigi dan menyehatkan mulut, menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan, mencegah kanken kolon atau kanker usus, mencegah diabetes tip 2, memperindah penampilan kulit serta membantu agar lebih cepat tidur.

Mengingat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam susu, sehingga susu menjadi media yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme. Oleh karena itu, perlu sesegera mungkin dilakukan pengolahan susu supaya susu terhindar dari pencemaran mikroba.

Pengolahan susu seperti pasteurisasi, hingga pengolahan lebih lanjut seperti es krim bertujuan selain supaya untuk pengawetan produk juga dapat meningkatkan nilai tambah.

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan (Standar Nasional Indonesia). Secara umum, komposisi bahan-bahan pembuat es krim terdiri dari lemak susu padatan susu bukan lemak, pemanis, penstabil dan pengemulsi dan air.

Bahan-bahan

  • Susu 1 liter
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gr
  • Maizena 8 sdm
  • SP 1 sdt
  • Perisa (essence) sesuai selera

Cara pembuatan :

1. Pasteurisasi susu sapi segar, saring dan sisihkan,

2. Kocok telur hingga tercampur rata menggunakan garpu, tambahkan maizena, campur hingga homogen, masukkan dalam susu.

3. Rebus hingga mengental dan meletup kecil. Matika api, diamkan hingga susu kamar (Bahan A), tim SP hingga lumer, angkat dan dinginkan (bahan B).

4. Campurkan bahan A dan B, tambahkan susu kental manis 1/2 kaleng dan gula, mixer hingga homogen.

5. Tutup dengan plastik bening, masukkan dalam freezer selama 7 jam. Keluarkan dari freezer, bagi menjadi beberapa bagian sesuai rasa yang dinginkan. Mixer hingga lembut, masukkan dalam wadah/kemasan.

6. Simpan dalam freezer selama 7 jam dan es krim siap dinikmati.

Simak juga : Cara Membuat Susu Kedelai

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini