7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Makanan Organik ✔

0

Unsurtani.com – Sumber makanan konvensional masih mendominasi pasar makanan. Saat ini, makanan organik seperti sayur maupun buah organik masih sangat terbatas jumlahnya karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tingkat kesulitan yang lebih besar jika dibandingkan dengan menanam menggunakan metode konvensional. Bagi kamu yang belum begitu paham dengan perbedaan antara makanan organik dan makanan konvensional, kamu bisa melihat ulasan singkatnya di bawah ini.

Perbedaan makanan konvensional dengan makanan organik

Yang dimaksud dengan bahan makanan konvensional adalah makanan yang dihasilkan dari teknik budidaya menggunakan pupuk buatan, dirawat dengan pestisida berbasis kimia, serta menggunakan bibit unggul. Bahan makanan yang dihasilkan bisa berupa makanan nabati maupun hewani seperti sayur dan buah-buahan serta daging.

Sebaliknya, pangan organik yang mengacu pada makanan yang mengandung karbon. Namun dewasa ini, istilah tersebut bergeser menjadi tanaman termasuk sayur dan buah-buahan yang diproduksi melalui teknik pertanian yang menggunakan pestisida dan pupuk organik (alami), seperti pupuk kandang contohnya.

Metode tanam dengan cara organik dianggap lebih sehat karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang menurut penelitian dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serta berdampak pada lingkungan. Di antara bahaya pestisida bagi kesehatan adalah:

  • Dapat menyebabkan gangguan reproduksi
  • Gangguan kehamilan menyebabkan gangguan perkembangan janin
  • Penyakit parkinson
  • Berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal, kanker otak, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, hingga kanker hati dan leukemia
  • Meningkatkan resiko seseorang mengalami pubertas dini terutama pada laki-laki karena diduga bisa meningkatkan produksi hormon testosteron

Melihat berbagai dampak negatif dari teknik tanam konvensional di atas, maka sudah seharusnya kita menjatuhkan pilihan pada makanan organik yang lebih aman dan lebih sehat. Untuk meyakinkanmu berikut adalah 7 alasan mengapa kamu harus mulai memilih makanan organik :

1. Lebih Sehat

Berbagai ancaman penyakit dari tanaman yang disemprot dengan menggunakan pestisida kimia serta ditanam dengan menggunakan pupuk buatan bisa dihindari dengan mengkonsumsi makanan organik.

2. Menggunakan Pupuk Alami

Pupuk yang digunakan untuk menyuburkan sayur maupun tanaman buah (organik) menggunakan pupuk organik atau pupuk alami yang lebih ramah lingkungan seperti pupuk kandang, kotoran ayam, sisa-sisa tanaman (seperti jerami), dan bahan-bahan alami lainnya.

3. Disemprot dengan Menggunakan Pestisida Alami

Pestisida alami yang dimaksud adalah pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami disekitar kita seperti serai, tomat, bawang-bawangan, cabai, hingga bengkoang.

4. Ramah Lingkungan

Pupuk maupun pestisida berbahan kimia tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia ketika mengkonsumsi buah dan sayur hasil pertanian konvensional tersebut, melainkan dapat juga berdampak pada lingkungan. Di mana air maupun tanah yang terpapar bahan kimia dapat mengalami kerusakan penurunan kualitas atau bisa menjadi sumber penyakit

5. Mengandung Nutrisi dan Manfaat yang Lebih Banyak

Kandungan nutrisi pada makanan organik seperti vitamin dan mineral serta enzim dan mikronutrien dianggap lebih banyak jika dibandingkan dengan makanan yang ditanam secara konvensional (komersial). Karena makanan organik tumbuhan dan disuburkan dengan pupuk organik yang bebas bahan kimia berbahaya.

6. Citarasa yang Lebih Baik

Konon makanan yang tumbuh secara organik memiliki rasa yang lebih enak karena tumbuh dari tanah yang bergizi seimbang.

7. Untuk menghindari Hormon Antibiotik, dan berbagai Obat-obatan

Berbagai jenis obat-obatan tersebut biasanya akan masuk ke tubuh manusia melalui hewan (daging) yang disuntik dengan hormon antibiotik, dan berbagai jenis obat-obatan untuk membuat hewan potong jadi lebih sehat, kebal penyakit, hingga lebih mudah gemuk.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini