Mengenal Sistem Pembibitan Sapi Potong MODEL GRATI

0

Unsurtani.com – Pembibitan sapi potong “Model Grati” merupakan sistem pemeliharaan sapi potong yang dilepas dalam kandang kelompok dengan tujuan meningkatkan efektivitas dalam pengeloaal reproduksi. Hal ini karena dalam kandang kelompok kawin dimasukkan seekor pejantan terpilih (unggul) yang siap mengawini sejumlah sapi induk/calon induk (20-30 ekor) supaya terjadi kebuntingan.

Karakteristik dari sistem pembibitan model Grati ini adalah adanya bank pakan yang berisi pakan sumber serat (seperti jerami padi), sehingga peternak dapat menyediakan pakan sumber serat/hijauan segar sesuai dengan batas kemampuannya.

Dengan demikian, kekurangan konsumsi pakan hijauan pada ternak dapat dipenuhi dari hijauan kering yang ada pada bank pakan yang penyediaannya ad-libitum (bebas terkontrol).

Beberapa keunggulan dalam pembibitan model Grati antara lain :

  • Jarak beranak (calving interval) kurang dari 14 bulan
  • Angka kebuntingan mencapai 80 – 90 %
  • Efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja (sapi tidak perlu dimandikan serta pembuangan kotoran dilakukan setiap 3 bulan)
  • Angka kematian pedet rendah, yaitu < 3

A. Persyaratan Kandang

Beberapa persyaratan yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kandang untuk sapi potong antara lain :

1. Pemilihan Lokasi

Tersedia sumber air untuk minum, tersedia sarana transportasi untuk pengangkutan bahan pakan dan pemasaran, areal yang tersedia dapat diperluas.

2. Letak Bangunan

Mempunyai permukaan yang lebih tinggi dengan kondisi disekelilingnya. Tidak berdekatan dengan bangunan umum atau perumahan penduduk. Tidak mengganggu kesehatan lingkungan.

3. Konstruksi

Konstruksi kandang harus kuat, mudah dibersihkan, mempunyai sirkulasi udara yang baik, tidak lembab dan mempunyai tempat penampungan kotoran serta saluran drainase lancar. Kondisi bangunan kandang harus mampu menahan beban benturan dan dorongan yang kuat dari ternak serta dapat menjaga keamanan ternak dari tindakan pencurian.

Simak juga : Teknologi PENGGEMUKAN Sapi Secara Kereman

B. Kandang Kelompok Model Grati

Kandang kelompok kawin dapat digunakan untuk pemeliharaan induk yang siap dikawinkan dengan pejantan sampai bunting. Terdapat 2 jenis kandang kelompok kawin, yaitu:

1. Kandang Kelompok Beratap Seluruhnya

Kandang kelompok beratap seluruhnya merupakan kandang yang atapnya memayungi seluruh kandang, sehingga terhindar dari air hujan dan sinar matahari langsung. Feses dan urine ternak dibiarkan terinjak oleh ternak dan apabila biomas kotoran mencapai ketebalan setinggi 30 cm atau sekitar 3 bulan, dilakukan pembongkaran kotoran untuk diolah menjadi kompos.

Sepanjang bagian sisi kandang dilengkapi dengan palungan, yaitu pada sisi depan untuk tempat pakan hijauan dan konsentrat, sedangkan pada sisi belakang untuk tempat bank pakan dan tempat minum. Kebutuhan luas kandang untuk satu ekor sapi dewasa adalah >3 m2.

2. Kandang Kelompok Beratap Sebagian

Kandang kelompok beratap sebagian merupakan kandang dimana atapnya hanya menaungi bagian depan kandang, terutama palungan (tempat pakan dan minum).

Lantai kandang menggunakan lantai semen atau beton berpori (model paving) terutama pada bagian lantai yang tidak beratap. Pada bagian belakang kandang dilengkapi selokan pembuangan, terutama untuk menjaga kebersihan lantai kandang pada musim hujan.

Kelebihan sistem kandang ini adalah ternak lebih bebas bergerak karena tersedia tempat pelumnaran terbatas.

C. Bank Pakan

Pada sistem pembibitan model grati, pakan diberikan didalam kandang atau dipalungan. Disamping itu, dilengkapi juga dengan bank pakan yang biasanya berisi bahan pakan sumber serat seperti jerami padi kering atau bahan pakan lain yang tersedia di lokasi setempat.

Bank pakan ini berfungsi untuk menyediakan kebutuhan hijauan kering yang disimpan dalam rak pakan berukuran 4m x 1m x 3m yang pemberiannya ad-libitum sehingga dapat dikonsumsi setiap saat dengan penyediaan secara sistem stok.

Simak juga : Membuat Sendiri PAKAN KONSENTRAT Sapi Perah

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini