Teknik PEMANGKASAN JERUK yang Baik dan Benar

0

Unsurtani.com – Pemangkasan adalah suatu tindakan membuang sebagian dari bagian tanaman dengan maksud untuk menumbuhkan atau merangsang pembungaan dan pembuahan kearah yang dikehendaki. Pada tanaman jeruk, sukses usaha budidaya salah satunya bergantung pada pemangkasan yang baik.

Pemangkasan dilakukan sesuai kebutuhan untuk perkembangan permukaan tajuk tempat berlangsungnya pembungaan dan pertumbuhan buah. Pemangkasan berguna untuk:

  • Mengatur kerindangan pohon dan perbandingan antara kerangka dengan permukaan tajuk yang berbungan dan berbuah.
  • Mengatur perbandingan antara bagian atas tanaman dan akar.
  • Mengubah status karbohidrat (penyimpanan makanan) pohon.

Anjuran pelaksanaan pemangkasan :

  • Pada tahun pertama, bibit okulasi tidak perlu dipangkas kecuali untuk menghilangkan tunas yang tumbuh pada batang. Waktu pembentukan pohon berlangsung selama 3-4 tahun.
  • Tunas air atau tunas liar dihilangkan agar tidak mengganggu pertumbuhan bagian tanaman lain yang diharapkan.
  • Untuk mempersiapkan percabangan yang baik, dipelihara kurang lebih 3 cabang yang seimbang.
  • Cabang yang terlalu rapat jaraknya atau yang tumbuh menyilang bisa dihilangkan.
  • Pemotongan sebaiknya ringan saja, cukup menentukan kerangka pohon tanpa menrangsang pertumbuhan vegetatif yang berlebihan.
  • Pemangkasan pada tahun-tahun selanjutnya dilakukan untuk menghilangkan tunas-tunas air, cabang-cabang mati dan yang tumbuh manyilang atau menghalangi pertumbuhan ranting yang membentuk tajuk.
  • Luka pangkas yang diameternya lebih dari 1 cm dioles dengan cat penutup luka untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit.
  • Pemangkasan pemeliharaan kesehatan tanaman meliputi pembuangan tunas-tunas yang tumpang tindih, layu, kurus, lemah dan tunas air yang sering kali tumbuh di tengah-tengah tajuk pohon.
  • Pemangkasan tunas air yang terlambat menyebabkan dominasi pertumbuhan yang kuat. Tunas air akan membentuk cabang kipas, lambat berbunga, tetapi pada saat berbunga akan banyak menghasilkan buah yang bergerombol.
  • Buah yang bergerombol ini berukuran lebih kecil, cepat masak (berwarna kuning) dan umur panen lebih cepat (4 bulan), sedangkan buah yang tumbuh pada tunas produktif hanya satu buah, warna hijau, lebih besar dan umur panen lebih lama (6 bulan).
  • Tunas air akan jatuh dan menutup permukaan tajuk, sehingga pohon terlihat lebih ringan dan cahaya matahari yang masuk kedalam tajuk akan terhalang.

Langkah-langkah Pemangkasan :

A. Tahun Pertama

Keterangan gambar :

1. Oktober, pohon telah membentuk cabang primer yang kuat.
2. November – Februari, pohon setinggi 70 cm tepat diatas sebuah kuncup.
3. November – Februari, pilih tiga cabang primer yang membentuk sudut yang besar dengan batang bawah pohon, posisi seimbang. Potong batang yang kuat separuhnya dan batang yang kurang kuat 2/3 bagian.

B. Tahun Kedua

Keterangan gambar :

4. Oktober, cabang-cabang sekunder yang kuat terbentuk.
5. November – Februari, pilih lagi tiga cabang baru yang baik untuk pembentukan pohon. Pangkas kuncup yang mengarah keluar setengahnya atau 2/3 bagian sesuai kekuatan cabang. Pada waktu yang sama, pangkas semua ranting yang berada di bagian dalam (tidak diperlukan untuk pembentukan pohon) sepanjang empat kuncup untuk membentuk tunas-tunas pendek. Beberapa ranting yang terletak di luar dipangkas. Cabang-cabang yang tidak diinginkan dibuang.

C. Tahun Ketiga

Keterangan gambar :

6. November – Februari, pucuk yang kokoh dipangkas lagi setengahnya atau 2/3 untuk pucuk yang lemah, dan selalu pada kuncup yang mengarah keluar.
7. Pada waktu yang sama, pangkas cabang-cabang samping di sebelah dalam sebanyak empat kuncup. Cabang-cabang samping sebelah luar tidak dipangkas.

D. Tahun Keempat

Keterangan gambar :

8. November – Februari, susunan cabang sudah terbentuk dan pemangkasan pucuk bisa dihentikan, kecuali bila pertumbuhannya lemah.
9. Bila kuncup bunga dengan jelas sudah terbentuk pada tempat yang baik di cabang-cabang samping, pangkas lagi cabang-cabang ini pada tunas-tunas bunga yang paling atas.

Simak juga :

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini