Prospek Pengembangan BUNGA SEDAP MALAM di Lahan Rawa Lebak

0

Unsurtani.com – Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa L.) sesuai ditanam di daerah dengan kelembapan udara 75-90%, suhu harian 16 – 27°C, serta curah hujan 1.900 – 2.500 mm. Tanaman ini dapat tumbuh pada tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, aerasi dan tata air (drainase) tanah bagus, dengan derajat kemasaman tanah pH 5 -7.

Di Bangil Pasuruan, misalnya, bunga sedap malam yang ditanam pada ketinggian < 50 m dpl dapat tumbuh dan berkembang cukup bagus. Pada dasarnya bunga sedap malam tidak dapat tumbuh dengan baik pada kondisi genangan air. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan penanaman pada bagian lahan yang tinggi dan tidak tergenang air atau dengan sistem surjan.

Balitbangtan telah melepas dua varietas unggul bunga sedap malam, yaitu Roro Anteng yang dapat berkembang dengan baik di daerah Pasuruan, Jawa Timur, dan varietas Dian Arum yang berkembang di daerah Cianjur, Jawa Barat. Namun, varietas Dian Arum yang sudah diuji coba di lahan rawa lebak yang berada di Kebun Percobaan Banjarbaru menunjukkan keragaan yang baik (Tabel 1).

Proses Budidaya

Untuk dapat tumbuh dan berbunga dengan baik, perlu persiapan dan perawatan sebagai berikut :

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini