Teknik Penyambungan Tanaman Kopi dan Pemupukan Hasil Sambungan

0

Unsurtani.com – Produktivitas kopi bisa ditingkatkan melalui berbagai upaya, salah satunya yaitu melalui peremajaan dengan teknologi penyambungan. Penyambungan tanaman kopi merupakan bagian dari kegiatan peremajaan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan mutu hasil.

Secara umum, penyambungan menggunakan batang atas (entres) yan berasal dari klon unggul yang berproduksi tinggi, berasal dari klon/varietas yang dianjurkan, menghasilkan buah berkualitas baik, serta tanaman tidak terserang hama penyakit.

Terdapat dua teknik penyambungan tanaman kopi sebagai peremajaan yaitu penyambungan tunas dengan tunas (top ent) dan penyambungan cabang/dahan dengan batang (tag ent).

Alat dan Bahan

Bahan dan peralatan yang digunakan pada pelaksanaan penyambungan adalah pisau tajam, kantong plastik, tali rafia, plastik sungkup serta entres tunas dan entres cabang/dahan.

Penyambungan Top Ent

Teknik top ent adalah penyambungan yang dilakukan pada tunas pohon tua dengan tunas entres dari klon unggul. Pemilihan batang bawah adalah tunas tumbuh subur, posisi tunas dekat dengan tanah, batang kokoh dan bebas dari serangan hama penyakit. Pengambilan entres dilakukan pada tunas dari tanaman sehat, berproduksi tinggi dengan jumlah 5-7 ruas.

Cara penyambungan dengan sistem top ent sebagai berikut:

  1. Pilih tunas pada batang tua yang telah berukuran 1 cm,
  2. Potong tunas pada batang tua dengan ketinggian antara 30 – 40 cm diatas permukaan tanah,
  3. Belah tunas yang telah dipotong membentuk huruf “V”, masukkan entres yang telah diruncingkan kedalam celah tersebut.
  4. Ikat sambungan dengan menggunakan tali rafia, kemudian diberi plastik transparan, kemudian plastik sungkup diberi tali untuk memperkuat.
  5. Pada waktu 3 – 4 minggu setelah penyambungan, bila tunas tumbuh maka sungkup segera dibuka dengan cara menyayat tali sungkup.

Penyambungan Tag Ent

Penyambungan tag ent merupakan penyambungan dahan produksi dengan batang kopi. Cabang yang diambil berasal dari kopi unggul dengan produktivitas yang tinggi dan stabil, sedangkan batang yang dipilih merupakan tanaman yang kurang produktif tetapi mempunyai batang yang kuat dan kokoh serta perakarannya kuat.

Penyambungan tag ent dilakukan sebagai berikut:

  1. Entres berasal dari tanaman sehat dan ruas yang dipakai ruas 2 – 5. Entres dipotong kurang lebih 5 cm (1 cm diatas buku dan 4 cm dibawah buku).
  2. Potong batang bawah dengan menggunakan gergaji, bekas potongan dihaluskan dengan menggunakan pisau.
  3. Kulit batang bawah disayat/diiris sepanjang kurang lebih 3 cm dengan menggunakan pisau untuk menyelipkan entres. Iris bagian bawah buku meruncing sepanjang 3 cm.
  4. Masukan entres kedalam celah kulit pada batang bawah secara hati-hati hingga bagian runcing entres masuk semua.
  5. Ikat bagian sambungan dengan menggunakan tali rafia
  6. Tutup tunas dengan menggunakan plastik transparan.
  7. Pengamatan awal dilakukan pada 2 minggu setelah penyambungan, apabila cabang masih hijau berarti sambungan tumbuh.
  8. Pembukaan sungkup plastik dilakukan pada 3 – 4 bulan setelah penyambungan.

Pemupukan Tanaman Hasil Sambungan

Pemupukan tanaman hasil penyambungan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman. Dosis pemupukan tanaman hasil penyambungan seperti pada tabel berikut ini:

Umur Tanaman
(Tahun)
Dosis Pupuk (gr/ph)
Urea SP36 KCI Kieserit
1 20 25 15 10
2 50 40 40 15
3 75 50 50 25
4 100 50 70 35
5-10 150 80 100 50
>10 200 100 125 70

Sumber : Puslit Kopi dan Kakao Jember

Pemupukan dilakukan dengan cara membuat lubang pupuk dengan jarak 30 – 40 cm dari batang pokok. Setelah pupuk ditabur, kemudian lubang ditutup kembali untuk menghindari penguapan dan pencucian pada saat hujan.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini