Kapan Waktu Penyadapan Lateks Karet Yang Baik?

0

Unsrtani.com – Penyadapan sebaiknya dilakukan ketika 60 % dari pohon-pohon karet yang ditanam sudah memiliki lingkar tersebut. Pemanenan lateks dilakukan dengan membuat sayatan atau irisan pada kulit pohon.

Pada perkebunan karet rakyat, karet unggul umumnya sudah menghasilkan getah pada umur 4 – 6 tahun, sedangkan karet lokal pada 8 – 10 tahun, tergantung pada perawatan kebun. Pemanenan karet atau penyadapan dilakukan bila batang karet telah memiliki lingkar batang minimal 45 cm pada ketinggian 100 cm dari atas permukaan tanah.

Simak juga : Kedalaman Irisan Sadap Karet yang Dianjurkan

Lateks (getah karet) bisa mengalir keluar dari pembuluh lateks akibat adanya turgor. Turgor adalah tekanan pada dinding sel oleh isi sel. Banyak sedikitnya isi sel, berpengaruh pada besar kecilnya tekanan pada dinding sel. Semakin banyak isi sel, semakin besar pula tekanan pada dinding sel.

Tekanan yang besar akan memperbanyak lateks yang keluar dari pembuluh lateks. Oleh sebab itu, penyadapan dianjurkan dimulai saat turgor masih tinggi, yaitu saat belum terjadi pengurangan isi sel melalui penguapan oleh daun atau pada saat matahari belum tinggi.

Penyadapan hendaknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 05.00 – 06.00 pagi. Sedangkan pengumpulan lateksnya dilakukan antara pukul 08.00 – 10.00 pagi.

Setelah penyadapan, getah atau lateks yang terkumpul diproses menjadi lembaran karet yang disebut SLAB. Pengolahan ini dilakukan dengan mencampur getah cair dengan asam format/semut. Tebalnya slab bermacam-macam, tergantung dari kebiasaan petani. Ketebalan slab yang dianjurkan adalah 10 – 15 cm. Selanjutnya slab karet siap untuk dijual ke pedagang pengumpul terdekat.

Simak juga :

REVIEW OVERVIEW
Anjuran Penyadapan Karet
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini