Membuat Pakan Ternak Kelor Mineral Blok Suplemen

0

Unsurtani.com – Pakan dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang dibutuhkan ternak untuk dapat bertumbuh dan berproduksi secara optimal. Karbohidarat, protein, vitamin dan mineral merupakan nutrisi utama untuk menunjang pertumbuhan dan produksi ternak.

Kekurangan karbohidarat dan energi tidak seharusnya terjadi selama pakan seperti jerami masih tersedia. Keterbatasan ternak mengkonsumsi pakan dengan kandungan serat kasar tinggi disebabkan kurangnya zat nutrisi lain pada pakan tersebut.

Protein merupakan unsur penting kedua yang dibutuhkan ternak. Kekurangan protein akan menghambat kemampuan ternak untuk mengkonsumsi jenis pakan dengan kandungan serat yang tinggi. Rumput dan daunan tropis memiliki kandungan protein rendah yang membatasi kemampuan ternak untuk mengkonsumsinya sehingga tidak dapat mendukung pertumbuhan dan produksi ternak secara optimal.

Vitamin dan mineral merupakan unsur penting dan sangat essensial untuk metabolisme tubuh dan dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Kekurangan dan ketidak seimbangan menyebabkan gangguan metabolisme, pertumbuhan dan produksi.

Pakan suplemen kaya nutrisi dengan kandungan yang seimbang perlu diberikan pada ternak sebagai asupan untuk meningkatkan ketersediaan nutrisi secara lengkap dan seimbang sehingga dapat mengoptimalkan konsumsi pakan, pertumbuhan dan produksi.

Kelor Sumber Pakan Suplemen

Kelor (Moringa Oleifera) merupakan tanaman pohon yang kaya nutrisi. Daun kelor mempunyai kandungan protein yang tinggi dengan asam amino esensial dan non-esensial yang hampir lengkap, kandungan karbohidrat mudah larut yang tinggi dan kandungan dan ragam vitamin serta mineral yang dibutuhkan ternak.

Asam amino esensial yang terkandung pada daun kelor meliputi; leucine, isoleucine, valine, phenilalanin, arginin, histidin, triptopan, lysin, methionin dan treonin. Daun kelor sangat cocok dijadikan sumber pakan suplemen mendukung produksi ternak.

Tabel 1. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tepung daun kelor

No Komponen Kandungan
1 Protein (%) 27
2 Karbohidrat (%) 38
3 Lemak (%) 2
4 Serat (%) 19
5 Mineral
Calsium (Ca) (mg/100g) 2003
Magnesium (Mg) (mg/100g) 368
Phoporus (P) (mg/100g) 204
Kalium (K) (mg/100g) 1324
Cuprum (Cu) (mg/100g) 0,6
Zat Besi (Fe) (mg/100g) 28
Sulfur (S) (mg/100g) 870
6 Vitamin
A (mg/100g) 16,3
B1 (mg/100g) 2,6
B2 (mg/100g) 20,5
B3 (mg/100g) 8,2
C (mg/100g) 17,3

Sumber : BPTP NTB (2010)

Kelor Mineral Blok Suplemen

Kelor mineral blok merupakan pakan suplemen yang diformulasi dari berbagai komponen pakan dengan kandungan protein kasar >30% dan kandungan karbohidrat mudah larut yang tinggi serta kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Simak juga : Cara membuat Campuran Jerami (Straw mix) untuk Pakan Ternak

Bahan-Bahan

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tepung daun kelor, dedak, tepung ubi kayu, garam, urea, mineral mix dan semen.
  2. Campuran I : tepung daun kelor, dedak dan tepung ubi kayu dicampur sampai rata.
  3. Campur II : Urea, mineral mix dan semen dicampur sampai rata.
  4. Siapkan air sebanyak 30% dari total bahan.
  5. Masukkan garam dalam air sampai larut.
  6. Larutan air garam dimasukkan secara perlahan kedalam campuran I sampai menjadi adonan yang rata dan rekat kemudian dimasukkan campuran II dan diaduk sampai merata.
  7. Adonan yang sudah merata dimasukkan dalam loyang cetakan dan ditekan sampai padat dan terus sampai mencapai bagian permukaan cetakan.
  8. Adonan yang sudah dicetak kemudian dikering angingkan selama 2 minggu.
  9. Kelor Mineral Blok siap diberikan pada ternak.
Proses pembuatan pakan suplemen Kelor Mineral Blok
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini