Petunjuk Teknis Sambung Pucuk Tanaman Kopi

0

Unsurtani.com – Tanaman kopi sudah terkenal dan memasyarakat di Indonesia, baik sebagai tanaman industri maupun perkebunan rakyat di pedesaan. Buahnya sebagai bahan baku untuk minuman yang memberikan cita rasa khas. Tanaman ini sangat cocok tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia dengan ketinggian antara 400 – 800 m dpl. Tanaman peneduh seperti lamtoro, dadap, dan jarak sangat diperlukan untuk mengurangi penguapan pada musim kemarau.

Berdasarkan jenisnya, terdapat 2 jenis tanaman kopi yang berkembang di Indonesia, yaitu kopi Arabika dan Robusta. Namun, masyarakat lebih menyukai kopi jenis Arabika, karena buahnya banyak dan memberikan aroma yang lebih harum.

Perbanyakan tanaman kopi dapat dilakukan dengan menggunakan biji yang tua untuk disemaikan. Namun cara ini memerlukan waktu yang lama untuk berbuah. Cara yang lebih praktis dan cepat agar cepat berbuah adalah dengan sambung pucuk.

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk melakukan sambung pucuk pada tanaman kopi adalah sebagai berikut:

1. Media Tanam

Siapkan media tanam dalam polybag yang terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang, dengan perbandingan 2:1.

2. Batang Bawah Tanaman Kopi

Batang bawah ini sangat mudah didapatkan, yaitu dari batang bawah tanaman kopi yang telah berbuah, yang tumbuh dari biji, yang telah masak yang tumbuh subur pada awal musim penghujan.

3. Batang Atas

Batang ats atau biasa disebut entres diambilkan dari tanaman yang sudah berproduksi minimal 5 tahun, dan dipilih tanaman yang berproduksi tinggi dan tanaman yang sehat.

4. Peralatan

  • Tali rafia
  • Pisau okulasi
  • Plastik es untuk sungkup

Cara Sambung Pucuk

  • Batang bawah dipotong bagian atas kurang lebih 2/3 dari panjang bawang.
  • Batang bawah dibelah menggunakan pisau okulasi kurang lebih 3 cm, menyerupai huruf V.
  • Daun batang atas maupun batang bawah, dipotong untuk mengurangi penguapan. Siapkan batang atas atau entres. Dipilih batang yang diameternya sama dengan batang bawah supaya kambiumnya dapat menyatu. kalau batangnya tidak sama, diambil dari satu sisi supaya kambiumnya dapat menyatu pada salah satu sisi. Batang atas diruncingkan.
  • Setelah itu, dimasukkan pada batang bawah.
  • Kemudian diikat menggunakan tali rafia.
  • Setelah itu ditutup menggunakan plastik es, dengan posisi dibalik.
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini